Aspek Pemasaran
Output program pemasaran IPB Science Park sampai tahun 2015 diarahkan ke program brand awareness IPB Science Park.
Target program ini adalah Civitas akademika IPB, Litbang pemerintah, investor dan mitra kerjasama.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi, keikutsertaaan dalam Expo yang dilaksanakan oleh Pemerintah, IPB maupun Litbang, keikutsertaan menjadi narasumber atau pemateri dalam rangka mendukung program Science dan Techno Park yang dilaksanakan oleh pemerintah, mengadakan temu bisnis dalam rangka komersialisasi hasil inovasi, selain itu IPB Science Park juga sering menerima kunjungan dan berbagai instansi pemerintah, instansi pendidikan, swasta baik dalam dan luar negeri dalam bentuk kegiatan sharing seputar Science and Techno Park yang juga dapat mempromosikan IPB Science Park ke pihak investor ataupun pemerintah.

Penelitian dan Pengembangan
Terdapat enam produk yang masuk dalam tahap Pra TBI yang merupakan hasil seleksi program dana hibah komersialisasi inovasi IPB. Diantaranya produk Biori, Chitosan, Indifeed, Katulac, Sasumuzi, dan Sormeal. Kegiatan yang dilakukan pada tahap Pra TBI diantaranya adalah pembuatan Business Canvas Model hipotesis nol dan hipotesis satu dan kegiatan customer discovery.

Tahapan Pra TBI melibatkan inovator dan officer masing-masing produk, senior advisor dan supporting officer IPB Science Park. Penilaian produk yang lolos pada tahap Pra TBI berdasarkan kriteria value proposition product dan customer segment. Penilaian dilakukan oleh senior advisor dan pakar yang ahli dibidangnya. Berdasarkan penilaian diusulkan ke IPB produk yang lolos dalam tahap Pra TBI adalah produk katulac dan sormeal.

Produk Pra TBI lainnya yang masuk melalui jalur program mandiri yaitu ESRT (Enzym Simian Reverse Transcriptase) dan Rapid Test masih menjalani proses pematangan produk.

Manajemen, Organisasi, dan Sistem
IPB Science Park merupakan kawasan untuk mendukung pengembangan dan komersialisasi hasil inovasi produk dan jasa bidang pertanian tropis, pangan dan bio-sains dengan dukungan infrastruktur, bisnis, dan teknologi. IPB Science Park tertuang dalam master plan BLST dan mulai dirintis pada bulan Juli 2014. Didirikan sebagai salah satu bisnis pendukung dari tiga kelompok bisnis inti, yakni certified training, consulting services dan innovation products.

Struktur organisasi dari SBU IPB Science Park terdiri dari Managing Director yang membawahi Senior Advisor. Secara garis besar divisi pada SBU IPB Science Park terdiri dari Supporting Product & Building Development, Supporting Administrasi & Legal, Supporting Facility, serta Officer Product Development yang bertanggung jawab secara langsung terhadap produk yang dikembangkan.

IPB Science Park
Tagged on: