Ekonomi berbasis sains dan teknologi merupakan tulang punggung ekonomi di masa depan. Sains dan teknologi telah berperan penting dalam perkembangan ekonomi di abad 21. Negara-negara maju kini berpijak teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Hal ini terlihat dari tumbuhnya perusahaan-perusahaan raksasa di bidang teknologi yang telah mendunia seperti Apple, Samsung, Google, Toyota, dan lainnya.

Indonesia sebagai negara berkembang masih menjadikan ekonomi komoditas dan konsumsi sebagai landasan pertumbuhan ekonominya. Komoditas yang dikembangkan di Indonesia saat ini masih minim sentuhan teknologi yang bisa memberikan nilai tambah. Sebagian besar komoditas dijual dalam bentuk bahan mentah ataupun dengan sedikit proses menjadi barang setengah jadi. Dengan kondisi tersebut pertumbuhan dan kedaulatan ekonomi Indonesia akan lambat dan cenderung diatur oleh negara-negara pemegang teknologi, patent, dan lisensi.

Untuk menjawab tantangan ekonomi ke depan, IPB melalui PT BLST merancang sebuah konsep kawasan yang akan menjadi pusat komersialiasasi hasil riset dan inovasi. IPB Science Park merupakan kawasan yang dikelola untuk mengembangkan hasil riset menjadi produk pasar yang memiliki nilai tambah tinggi.

Kawasan IPB Science Park memiliki unit-unit kegiatan untuk mendukung tujuan komersialiasasi inovasi, antara lain:
Pilot Plant

Unit ini merupakan fasilitas produksi untuk pengujian produksi sebuah produk yang sudah final diproduksi di laboratorium. Produksi dilakukan skala menengah untuk tujuan menguji keberlanjutan produk dan respon pasar. Produk yang pertama kali akan dikembankan adalah beras analog dan mie jagung.
Inkubasi Bisnis

Produk hasil penelitian di laboratorium biasanya belum siap untuk dipasarkan atau masih dalam bentuk prototipe. Inkubasi bisnis ini berperan untuk menyiapkan produk tersebut secara bisnis. Jika produk tersebut berhasil direspon positif oleh pasar, maka akan dengan dikelola skala industri.
Riset Komersial

Dalam upaya pengembangan produk dengan unsur sains yang sangat tinggi diperlukan perlengkapan laboratorium yang cukup canggih dan mumpuni. Selama ini banyak riset dan analisis produk harus dilakukan di luar negeri. Dengan adanya fasilitas ini riset-riset tersebut bisa dilakukan di IPB Science Park dengan dukungan ahli yang kredibel.
Perkantoran

Perkantoran ini ditujukan untuk memberikan fasilitas yang memadai bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak d bidang sains dan teknologi. Keunggulan perkantoran ini adalah adanya fasilitas riset dan dukungan pakar dari IPB.

IPB Science Park : Pusat Inovasi dan Riset Komersial
Tagged on: